Home Blog 5 Ciri Konten Video Channel Youtube Motovlog Yang Berkualitas dan Bagus

5 Ciri Konten Video Channel Youtube Motovlog Yang Berkualitas dan Bagus

341
2
SHARE

Hallo mas bro sekalian bagaimana kabarnya haha , semoga gak bosen ya baca tulisan saya ini ,nah kali ini saya akan sharing informasi yang membahas mengenai konten video yang berkualitas dan bagus. Mungkin mas bro akan bertanya tanya atau ada juga sebagian yang bingung membedakan konten yang berkualitas, konten yang bagus ,atau konten video youtube itu seperti apa sih ..? Gimana caranya membuat konten video yang memiliki view banyak,menarik,sehingga subscriber nambah banyak, atau penghasilan juga bertambah bagi yang mempunyai harapan channelnya di monetize dengan google adsense dll.

SO kali ini saya akan sharing berdasarkan pengalaman pribadi dalam hal Review Proses Pembuatan Konten Video Channel Youtube Motovlog Yang Berkualitas ,ya kurang lebih ada 5 ciri konten video yang disukai oleh penonton atau viewer di youtube. Sebenarnya sih masih ada banyak lagi lainnya tapi sengaja saya pisah karena topik pembahasannya cukup panjang , anda bisa baca tulisan saya yang akan mendatang yaitu tentang  5 Ciri Channel Youtube Motovlog di sukai viewer dan Berpeluang Menjadi Motovlogger Terkenal.

Kenapa Harus Membuat Konten Video Yang Berkualitas..?

Mungkin ada sebagian dari mas bro yang memiliki pertanyaan seperti ini Kenapa sih kita harus membuat konten video yang berkualitas atau konten video yang bagus …? atau ada yang bertanya dalam membuat konten video lebih prioritas milih  ke kualitas atau kuantitas...? nah mungkin sebagian dari mas bro ada yang tahu jawabannya,silahkan komentar dibawah ya..?

Kalau menurut saya pribadi tujuan kita membuat konten video yang berkualitas dan bagus yaitu untuk membuat penonton atau viewer tertarik untuk menonton video video yang kita buat di channel youtube,so sudah jelaskan jawabannya hehe.

Jadi misalnya seperti ini , misalnya ada banyak tuh motovlogger di youtube yang bermunculan “misalnya banyak yang membuat video tentang” test ride motor Yamaha R25 . Nah jika mas bro juga ingin membuat konten video test ride motor yamaha r25 maka buatlah konten video yang berbeda dengan motovlogger yang lain. Kenapa…? tujuannya agar videomu ditonton, kalau misalnya sama dari gaya bicaranya, cara ngeditnya, cara ngemas videonya, dll maka videomu akan dianggap seperti angin biasa atau kurang menarik. Tapi apabila unik, kreatif, dan berbeda maka videomu akan dilihat atau ditonton oleh viewer hingga habis atau bahkan bisa sampai dishare di akun sosial mereka. Berikut ini beberapa contoh video test ride motor yamaha r25 yang masing masing channel mempunyai perbedaan dari sisi cara menyampaikan , cara mengemas video ,

Test Ride 2015 Yamaha YZF R25 (SAB One Motor )


Test ride yamaha R25 Movistar GP 2015 Indonesia (JodieMotovlog HD)
)

Coba-coba Yamaha R25 | Motor ngeraung.. | #MotoVlog Indonesia (Bedoel Motovlog)

Menurut mas bro sekalian dari 3 video diatas mana yang paling keren …? mana yang menarik , mana yang bagus.. Jawabannya tentunya setiap orang beda beda karena memang mempunyai ketetarikan yang beda.

Kalau saya pribadi video itu bagus kalau ada segi manfaat yang bisa diambil dari sisi penonton atau viewer selain itu juga menghibur dan unik alias kreatif dalam ngediting videonya ,karena video yang biasa saja kalau pinter dalam hal editing maka video tersebut menjadi lebih hidup.

Pilih kualitas atau kuantitas dalam pembuatan video ..?

Ya sebenarnya ini merupakan pandangan yang berbeda beda untuk setiap motovlogger tergantung kemampuannya masing masing yang dimilikinya maksudnya yaitu apa bila mas bro tidak bisa membuat konten berkualitas maka bisa fokus dan konsisten untuk terus membuat konten yang fokus ke  kuantitas (banyak). Banyak disini bukan ngasal buat video lho ya tapi setidaknya video yang mas bro buat itu ada yang mencari. Nah untuk mas bro yang ingin membuat konten video berkualitas maka tidak sembarangan , ada banyak faktor yang diperhatikan jadi waktu recoding tidak langsung jadi , melainkan di persiapkan segala sesuatunya, mulai dari :

  • Action camera yang digunakan
  • Ukuran resolusi video
  • Video Jelas tidak burem
  • Suara Video Jelas
  • Pencahayaan video pas
  • Konsep Video (lucu, unik,ada value)
  • Bermanfaat buat viewer (penonton) di youtube
  • Tidak Merugikan Orang lain
  • dll

Kalau orang yang sudah mengerti pembuatan video yang bagus misalnya seperti channelnya Goen Rock atau agung hapsah maka biasanya langsung tertarik saat pertama kali menonton. Berikut ini adalah contoh video dalam pembuatannya yang memperhatikan banyak hal sehingga yang menonton langsung tertarik dan ingin melakukan subscribe di channel tersebut.

Jadi pilih kualitas atau kuantitas nih mas gondes motovlog…?

Emm gimana ya jelasnnya haha , kalau saya sendiri main youtubenya itu lebih prioritas ke kuantitas , kuantitas disini bukan ngasal bikin video ya tapi video yang dibuat usahakan ada yang mencari , contohnya beberapa video saya dibawah ini :




Jika dilihat video saya diatas memang kurang menarik , gak ada lucunya karena memang bukan video lucu haha tapi saya membuat videonya lebih fokus ke value atau nilai manfaat dari video yang tak buat . Ketika orang mengetik di google atau di youtube misalnya”cara pasang underbone vixion”

cara-pasang-underbone-di-vixion

cara-pasang-underbone-di-new-vixion

Ketika orang orang yang gak tahu cara pasang underbone di vixion kemudian membuka google atau youtube untuk menemukan masalah mereka maka akan terbantu. Jika video yang tak buat lucu , bermanfaat ,dll maka kemungkinan video yang saya buat tersebut akan dishare oleh yang melihat tersebut karena memang merasa bahwa video tersebut layak untuk di share di facebook dll.

Nah dalam pembuatan konten video di youtube itu saya pribadi mengeluarkan budget 100.000 sampai dengan 500.000 lebih .

Contoh saya mempunyai niat untuk memasang underbone tentunya saya harus mengeluarkan uang sekitar 400.000 untuk membeli part tersebut dan untuk pemasangannya sekaligus saya rekam. atau contoh lain misalnya saya mempunyai niat untuk memasang stang r15 maka saya cari dulu stangnya (bekas juga tidak apa apa ) saya dapat stang r15 dengan harga 150.000 selanjutnya ya tinggal dibuat tutorialnya haha. Seperti itu kurang lebih yang pengen tahu behind the scene proses pembuatan video. Nah untuk mas bro yang ingin tahu tahapannya dari awal pembuatan sampai akhir pembuatan konten video silahkan baca postingan saya yang membahas mengenai

Mungkin ada yang bertanya seperti ini Kenapa sih kita harus mengeluarkan uang untuk membuat konten video channel youtube motovlogger…? kan bisa tuh kyak rizki motovlog yang lucu lucu gitu..?

Yes bro , semua orang itu punya keunikan yang berbeda, disini sih saya lebih mengedepankan atau lebih fokus ke konten yang sifatnya dicari secara terus menerus yang tidak akan pernah ada matinya. Kalau kita fokus ke konten hiburan (lucu) maka ya cuman pada saat itu viewnya banyak , hari berikutnya mungkin viewnya tidak sebanyak sebelumnya. Tapi jika konten video yang kita buat dicari terus menerus maka 1 tahun atau 10 tahun kedepan masih tetep dicari sama viewer atau orang orang yang mempunyai problem tentang hal tersebut. *semoga ngerti maksud saya.

Kalau teman teman blogger bilang sih konten evergreen ,dan di kursus youtube sendiri juga dijelaskan bahwa konten evergreen itu konten yang tidak akan pernah ada matinya , maksudnya selalu dicari terus menerus sampai kapanpun. Bagi mas bro yang belum lihat kursus youtube silahkan lihat videonya dibawah ini :

Nah kurang lebih seperti itu mas bro sekalian penjelasan saya mengenai kenapa harus membuat konten video yang menarik,yang berkualitas, yang bagus kemudian lebih fokus ke kuantitas atau kualitas semuanya sudah saya jelaskan dan mas bro bisa ambil kesimpulan sendiri mau fokus kualitas atau kuantitas. Kalau saya pribadi tentunya pilih keduanya karena keduanya sama sama penting haha.

5 Ciri Konten Video Channel Youtube Motovlog Yang Berkualitas dan Bagus

Nah selanjutnya saya akan bahas nih 5 Ciri Konten Video Channel Youtube Motovlog Yang Berkualitas dan Bagus yang sudah ditunggu mas bro sekalian haha, maaf saya agak lama jelasinya karena saya ingin membuat mas bro paham dulu tentang konten video di youtube.

Banyak dari beberapa motovlogger terkenal seperti jodie motovlog hd, den dimas dan masih banyak lagi mereka berkata Konten yang bagus akan membuat channel youtubemu mudah dikenal orang dan hal tersebut akan berjalan sesuai dengan waktu maksudnya yaitu konten yang bagus adalah salah satu kunci untuk membuat channel youtube motovloggger sukses. Jadi sekarang pertanyaannya adalah apakah konten video di channelku bermanfaat buat orang lain ..? apakah videonya berguna buat penonton di youtube , apakah konten videoku menghibur orang lain dll so coba tanyakan ke diri masing masing sebelum membuat video yang berkualitas

Kalau menurut saya pribadi sih channel youtube kita itu akan terkenal seiring dengan konten konten yang disajikan dalam channel youtube kita , jika mempunyai nilai manfaat buat viewer atau penonton maka akan dengan sendirinya dikenali banyak orang, disubscriber , di like dan dishare itu sudah hukum alam wkwk :v

OK dibawah ini saya akan jelaskan 5 ciri konten video yang berkualitas dan mungkin sudah banyak ditanyakan oleh beberapa motovlogger atau ada yang belum sempat kepikiran.

Memberikan Nilai manfaat bagi viewer atau penonton

Point yang satu ini sudah saya singgung dibagian atas tentang pemasangan underbone di vixion , so sudah tidak perlu saya jelaskan lagi ya hehe.Intinya buatlah konten video yang bermanfaat buat pengguna motor yang lain atau apapun deh , tergantung segmentasi videomu ditujukan untuk siapa. Kalau konten videoku saya tujukan untuk para pengguna motor vixion di indonesia hehe.

Lebih terlihat menonjol dari berbagai sisi dibandingkan konten video motovlog lain yang sejenis

Point yang satu ini itu contohnya seperti channelnya ivw motovlog , channel motovlogger yang satu ini memang sedikit berbeda dengan yang lainya dimana hikmah yang saya ambil yaitu kita harus berani ,jangan pemalu , kalau pemalu putuskan saja urat malunya :v

Atau punya jodie motovlog hd dimana kontenya lebih bagus dan bermanfaat atau punya den dimas juga keren keren .

Video dilihat dalam waktu relatif lebih lama oleh viewer atau penonton

Ciri konten video yang berkualitas adalah video yang kita buat itu dilihat dari menit pertama sampai dengan menit terakhir dan ini biasanya didapatkan dari konten video yang menarik, penasaran dll. Contoh video yang relatif lama dilihat oleh viewer yaitu yang membahas mengenai tutorial motor. Gak mungkin to tutorial motor itu di singkat singkat karena kalau di singkat singkat ada bagian yang kelewat jadi secara otomotis harus mengikuti dari awal sampai akhir sampai benar benar bisa mempraktekannya *kurang lebih analoginya seperti itu .

Mempu Membangkitkan Perasaan (empat, kagum, bermanfaat, terhibur , bahagia, senang, dapat pelajaran berharga dari video yang dilihat, termotivasi, dll)

Konten video yang berkualitas yaitu yang bisa membangkitkan semangat hidup buat orang lain , yang bisa mengatasi masalah /problem orang lain sehingga video tersebut bermanfaat. Contoh konten video yang masuk kategori ini ada banyak sih , tapi saya lebih suka melihat channelnya erix soekamti , karena setiap channelnya selalu memberikan ilmu, wawasan baru dan inspirasi untuk selalu tetap semangat dan optimiz.

Video mampu memberikan Solusi Masalah yang ada

Google di ciptakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan , youtube juga diciptakan untuk mencari hiburan , tutorial dan lain sebagainya. Nah coba anda posisikan sebagai user atau pengguna dari masing masing produk google tersebut. Jika memposisikan sebagai penonton atau viewer tentunya akan tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat konten video yang bagus. Karena basicnya konten itu dibuat karena ada yang mencari atau memang ingin sharing pengalaman.

Nah kurang lebih ada 5 ciri konten berkualitas versi saya gondes motovlog, jika mas bro punya beberapa point yang lain silahkan berkomentar dibawah ya, maka nanti saya tambahkan dibawah ini.

Kesimpulan

So  dari artikel yang saya tulis diatas maka bisa diambil kesimpulan bahwa buatlah konten video yang bermanfaat buat orang lain ,usahakan video yang mas bro buat itu bisa disharing pengguna sosial media, atau yang lebih keren lagi video yang mas bro buat itu bisa menjadi rujukan banyak orang.Contoh misalnya. Bro ajari saya motovlog dong..? saya motovlogger pemula nih ..? ohh kalau mau belajar coba buka aja blognya gondesmotovlog.com disana dibahas semua tentang dunia motovlog. OK mas bro mkasih nih referensinya , nah itu cuman contoh dialog aja kalau konten yang bermanfaat itu seperti itu hahaha.

Demikian informasi yang bisa saya sharing pengalaman kepada mas bro sekalian selama saya menjadi motovlogger , walaupun subscribe saya masih jauh dibandingkan dengan motovlogger motovlogger yang terkenal tapi saya akan tetep konsisten. hoho. Jangan lupa komen ya untuk menambahkan point point diatas biar lebih lengkap lagi.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here