Cara Memasang Action Camera di Helm Untuk Gopro dan Xiaomi

Hallo mas bro sekalian jumpa lagi dengan saya yaitu gondes motovlog , nah pada kesempatan ini saya mau sharing nih tentang cara memasang action camera  di helm, nah bagi mas bro yang masih bingung dan penasaran bagaimana cara memasangnya yuk simak terus tulisan saya dibawah ini .

Seperti yang kita ketahui mas bro sekalian di indonesia saat ini perkembangan dunia motovlogger indonesia  sangat sangat luar biasa.Pengguna action kamera juga lumayan cukup naik tajam, mulai dari merek yang biasa seperti kogan , bcare , sjcam , sampai dengan merk merek yang cukup terkenal seperti xiaomi yi , drift ghost , kemudian gopro. Untuk harga masing masing kamera tersebut juga bervariasi , mulai dari raturan ribu sampai dengan jutaaan.

Action camera memang sudah menjadi kebutuhan untuk seorang motovlogger dan juga kebutuhan untuk fotographer yang menginginkan kualitas foto yang bagus dan video yang menarik. Menariknya dari action camera adalah bisa dibawa dimanapun dan kapanpun dengan mudah. Selain itu juga action camera biasanya di aplikasikan dalam moment moment penting yang sifatnya lebih ke action .  Untuk merek action camera yang paling bagus adalah gopro yang sedeng yaitu xiaomi yi.

Action cam sendiri memiliki bentuk dimensi yang tidak terlalu besar alias cukup kecil sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana mana saat dibutuhkan.Walaupun action camera tersebut memiliki bentuk yang kecil tapi jangan diremehkan karena hasil foto dan videonya sangat bagus dan memiliki resolusi tinggi sehingga tidak blur dan pecah. Untuk kebutuhan di air juga sudah tersedia aksesorisnya sehingga action camera tersebut bisa dibawa di dalam air atau waterfroof.

Untuk mas bro yang ingin menjadi motovlogger newbie atau motovlogger pemula simak beberapa tahapan dalam pemasangan action camera di helm . OK langsung saja tanpa basa basi lagi hehe berikut ini beberapa tahapan yang harus mas bro lakukan untuk memasang action camera gopro atau xiaomi yi ke helm.

Jenis Helm

Jenis helm sendiri ada banyak macam jenisnya, diantaranya yaitu bisa dilihat dibawah ini :

  • Helm half face
  • helm full face ,
  • Helm supermoto dan
  • Helm motocross.

Masing masing helm dalam pemasanganya berbeda maksudnya dalam meletakan action cameranya di helm.

Yang paling mudah pemasangan action camera di helm adalah jenis helm full face karena dibagian moncongnya biasanya tinggal menempelkan saja moutingnya.

Baca Juga :

Siapkan Mounting Untuk Tempat dudukan Action Camera di helm

Saat ini sudah banyak sekali para penjual mounting untuk helm atau holder atau dudukan action camera di helm yang sudah dilengkapi dengan baut dan segala macam jenis sambungannya. Nama istilah untuk beli dudukan action camera di helm adalah Helmet Front Mount. Mas bro cukup ketik kata kunci tersebut dan masukan di toko online seperti bukalapak.com atau tokopedia.com maka banyak sekali yang jual , mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang mahal.

Nah detail Paket Helmet Front Mount diantaranya bisa dilihat dibawah ini :

  • 1x Flat Surface
  • 1x Curved Surface
  • 2x 3M Adhesive
  • 1x Pivot Arm set
  • 2x Screw
  • 1x J Hook

Waterfoof (Protective Case Side Hole)

Setelah itu mas bro juga harus membeli case yang bagian sampingnya yang sudah di lubangi , tujuannya tentunya untuk pemasangan kabel micnya agar nanti bisa melakukan kegiatan motovlog. Untuk harga Protective Case Side Hole ini dijual dengan harga sekitar 70.000 an

Frame Case Gopro /  Xiaomi

Untuk mas bro yang gak suka make protective case dan lebih suka menggunakan frame case gopro , maka bisa juga menggunakan case tersebut . Fungsinya kurang lebih hampir sama yaitu melindungi kamera gopro dari benturan kalau misalnya jatuh. Untuk harga frame casenya itu sekitar 165.000 an.

Mic Adapter

Untuk memaksimalkan video motovlog agar lebih bagus lagi , gunakan juga mic adapter dari gopro ori agar suara yang dihasilkan lebih bagus dan stereo. Untuk harga mic adapter gopro ori sekitar 280.000. Kenapa harus ori ..? karena yang ori biasanya kabelnya lebih tebal dan lebih awet dibandingkan yang kw atau yang biasa. Untuk mlihat ori atau tidak biasanya dari segi harga yang agak mahal selain itu mas bro lihat pada bagian gambar bagian ujung colokan ada tulisan label gopro.

Untuk pengguna xiaomi yi ,tidak usah khawatir karena xiaomi yi sekarang ini sudah bisa di mod maksudnya yaitu di modif sehingga bisa di colokan dengan microphone jack 3.5mm . Untuk JASA MOD MIC Xiaomi YI saya percayakan sama mas PRIYO Banyu Urip

Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini , tinggal colok pokoknya haha

Microphone Yang Bagus Untuk Motovlog

Untuk microphone yang bagus tentunya mas bro bisa pilih sesuai dengan kemampuan , kalau saya pribadi urusan micropone saya menggunakan Audio Technica ATR3350iS Omnidirectional Condenser Lavalier Microphone, yang saya beli dengan harga sekitar 495.000 an . Berikut ini hasil rekaman video motovlog menggunakan microphone tersebut.

Atur Posisi Kamera

Setelah membeli mouting action camera di helm selanjutnya mas bro tentukan terlebih dahulu action cameranya mau di letekan di sebelah mana, karena banyak sekali motovlogger dalam mengatur posisi action cameranya di helm, berikut ini beberapa letak action camera helm yang banyak digunakan .

Macam Model Posisi Action Camera di helm

  • Action Camera posisi di samping kanan
  • Action Camera posisi di samping Kiri
  • Action Camera posisi di Atas
  • Action Camera posisi di depan moncong

Untuk posisi action camera di helm yang paling bagus menurut saya adalah posisi didepan moncong karena viewer lebih meraskaan sensasi yang lebih wah , selain itu posisi yang lumyan cukup bagus adalah action camera ada di posisi samping kanan.

Mas bro bisa pilih sesuai dengan keinginanmu seleramu haha karena gak ada patokan dalam memilih angle posisi pemasangan action camera di helm.

Setting POV (Point Of View camera) Camera

Untuk settingan POV (Point Of View camera) sendiri hanya terdapat di beberapa action camera , contohnya saja camera gopro. Untuk kamera gopro terdapat settingan POV (Point Of View camera) yang lumayan agak banyak diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

  • Narrow
  • Medium
  • Wide
  • SuperView

Untuk settingan action camera merek lain seperti xiaomi yi , sjcam , b-pro dll biasanya kebanyakan menggunakan POV model Wide . Untuk mas bro yang menggunakan gopro paling bagus adalah menggunakan jenis POV SuperView karena pemandangan lebih terlihat semuanya.

Tips Cara memasang action camera di helm

Untuk tips pemasangannya sangat mudah , mas bro bisa perhatikan beberapa point dibawah ini agar pemasangan action camera di helm bisa berjalan dengan baik alias sempurna.

  • Pertama tama tempatkan mouting Curved Surface atau flat Surface ke dalam helm. Pastikan bagian luar helm sudah bersih dari kotoran . Pastikan saat mas bro menempelkan Curved Surface / Flat Surfacenya itu di permukaan yang pas bukan permukaan yang banyak tektur atau berpori karena hal ini bisa mengakibatkan perekatnya kurang merekat dengan sempurna.
  • Selanjutnya Kupas perekat atau 3M Adhesivenya untuk menempelkan flat surface atau curved surface ke helmnya.Selanjutnya jika sudah dilepas maka tekan kuat ke helmnya dan saat menekan usahakan merata ke seluruh bagian agar benar benar merekat semuanya.
  • Pastikan saat menempel mouting dan 3Mnya paling tidak di diamkan terlebih dahulu kurang lebih sekitar 24 jam agar perekat menempel dengan sempurna.

Video Cara Pasang Action Camera di Helm



Cara Menghilangkan Perekat di Helm

Untuk mas bro yang mungkin sudah tidak menggunakan helm yang pertama mungkin sudah mengganti helm yang baru maka mau gak mau harus melepas moutingnya yang berada di helm pertama. Untuk cara melepas perekatnya yaitu gampang banget. Gunakan hair dryer atau pengering rambut untuk memanaskan perekat action camera tersebut dan kelupas dikit demi sedikit.

Perhatian 

Untuk perekat atau 3M yang sudah di copot atau atau sudah dipakai di helm yang pertama maka 3M (perekat) tersebut sudah tidak bisa lagi digunakan lagi karena fungsi perekatnya sudah berkurang dan sudah tidak kuat lagi saat pertama kali dipasang. So mas bro harus menggunakan perekat atau 3M yang baru.

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Memasang Action Camera di Helm Gopro dan Xiaomi, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini , jangan lupa untuk di like, comment dan share agar lebih banyak manfaatnya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Cara Memasang Action Camera di Helm Untuk Gopro dan Xiaomi | gondes | 4.5