Home Motovlog Cara Membedakan Video Motovlog Yang Tidak di Monetize Adsense dan di Monetize...

Cara Membedakan Video Motovlog Yang Tidak di Monetize Adsense dan di Monetize Adsense dan Yang Pikirannya Duit Duit Duit…!

345
0
SHARE

Gara gara video disebelah saya di sindir karena dibilang motovlogger yang pikiranya duit duit duit…! Walaupun saya sadar kalau memang tujuan akhir adalah UUD (ujung ujungnya duit ) *tidak menutup kemungkinan motovlogger yang lain juga sama seperti saya . nah dalam kasus saya ini ,saya gak fokus duit duit duit saja tapi banyak bagian bagian yang memang harus dipikirkan , karena bukan hanya fokus duit saja tapi masih banyak bagian fokus yang lainnya yang harus dikerjakan untuk mengembangkan channel lebih besar lagi dan lebih bermanfaat, lucu, unik, kreatif, karena channel yang bagus dibangun bukan dari bangun tidur langsung jadi terkenal melainkan melalui proses bertahun tahun,trial and error, coba coba dll  dan tujuan masing masing channel youtube dibuat berbeda beda.

Dan untuk semuanya itu (membuat konten , peralatan motovlog, software editor video ori, window ori, bensin,promosi,dll ) tidak semua orang bisa mengerjakan maksudnya yaitu ketika kita mengerjakan hal yang sama seperti yang mereka lakukan maka hasilnya akan berbeda dengan yang kita praktekan karena setiap manusia didalamnya terdapat kadar konsisten yang berbeda maksudnya ada yang konsisten dari awal hingga akhir , ada yang setengah tengah ,dll ,kemudian ilmu yang beda, riset beda, kelebihan ,kekurangan , cara melihat peluang ,uang kas yang dimiliki,dll ,karena setiap manusia itu unik.

Macam Macam Motovlogger

Dibawah ini saya akan menjelaskan sedikit tentang beberapa model macam macam motovlogger di indonesia.

Video Yang Fokus Duit Duit

Kalau ngomongin konten video yang fokus duit duit duit dan gak nyambung kata motovlogger sebelah” tentunya gak mungkin lah saya susah payah untuk membuat video yang berdasarkan riset,intro yang menarik,membuat video tutorial motor, dll ,sebagai contoh kalau misalnya saya motovlogger fokus duit duit gampang aja caranya yaitu :

    1. Tinggal Reupload aja video orang yang viewnya banyak
    2. atau mengkompilasi video orang
    3. atau membuat presentasi dan menjelaskan informasi sebagai contoh misalnya “Enam (6) Channel Motovlog Youtuber Indonesia”
    4. dan teknik teknik lainnya yang memang fokus ke duit duit yang lebih instans tanpa mau melewati PROSES dan TIDAK MAU MENGELUARKAN MODAL

Tapi disini saya membangun dari nol dan berusaha untuk membuat konten yang bermanfaat dan menarik. buktinya apa…? silahkan baca link dibawah ini :

Semoga dengan beberapa point diatas anda sudah bisa berfikir dan bisa membedakan mana video yang fokusnya duit duit duit sama video yang  fokus banyak bagian tapi ujungnya duit soalnya itu beda banget antara video yang fokus duit duit dan video yang fokus banyak bagian tapi UUD, hal tersebut dilihat dari konten videonya…!

Terus video yang gak fokus ke duit itu seperti apa…?

Video Yang Gak Fokus Duit

Video yang gak fokus ke duit itu biasanya videonya jelek, video yang gak menarik untuk dilihat , video yang memang cuman documentasi pribadi tanpa memperhatikan sisi viewer, segmentasi dan banyak hal yang intinya yang menurut dia suka dan senang ya upload upload saja di youtube tanpa memperhatikan banyak hal (video yang menarik seperti apa , video yang banyak dicari seperti apa , video yang banyak dishare seperti apa , video yang selalu dicari tiap hari seperti apa , dll. Contohnya video yang gak fokus duit  seperti dibawah ini :

Sebenarnya ada juga video yang gak fokus ke duit tapi videonya bagus tapi hal ini sangat sedikit sekali , karena mungkin orang yang membuat video tersebut punya tujuan yang berbeda. Contohnya bisa dilihat dibawah ini

Ya video dibawah ini adalah video Erix Soekamti atau yang didalam videonya disingkat DOES kepanjangan dari Diary Of Erix Soekampti yang isinya bagus bagus dan banyak hal yang bisa kita dapatkan dari melihat dan mendengarkan semua ucapan mas erix. Keren dan salut aja dari dulu sampai sekarang , semangatnya untuk membuat video sangat luar biasa..!

Tujuan dari video yang dibuat sama mas erix bukan duit tapi lebih mengarah ke bagaimana kita semangat menjalani hidup kemudian sebagai pemantik, sedangkan duit adalah bonus karena video video yang dibuat menarik dan bermanfaat.

Kenapa mas erix tetep konsisten membuat video diary…? emm saya gak tahu bro yang tahu jawabannya mas erix sendiri karena mas erix tentunya punya tujuan kenapa tetep konsisten dalam membuat video DOES hingga episode sekarang.

Video Yang Fokus Ke banyak bagian tapi UUD (Ujung Ujungnya Duit)

mindmap-motovlog

Selanjutnya video yang fokus ke banyak bagian tapi UUD (ujung ujungnya duit) mereka akan berupaya bagaimana membuat video yang menarik, video yang membuat seseorang ketagihan untuk melihatnya , video yang menghibur banyak orang, video yang bermanfaat, video yang berguna , video yang ada value ketika viewer melihat mereka akan punya opini wah ini video bagus nih , atau wah ini videonya sangat bermanfaat terus reaksi viewer maka ahh  saya subscribe deh ,ahh saya share deh . dll.

Intinya di point yang satu ini bagaimana dengan media yang sudah ada (facebook.com , youtube.com blogger.com ,twitter.com, instagram.com) dan media media yang lain ,kemudian  data yang sudah ada, kemudian platform yang sudah ada yang kemudian dimanfaatkan untuk investasi jangka panjang. 

Sedangkan youtube sendiri memberikan panduan untuk para creator youtube yang suka membuat video yang menarik dan bermanfaat untuk memonetize videonya agar bisa menghasilkan duit. Cara ini diberikan oleh youtube.com agar creator tersebut tetep konsisten membuat karya video yang menarik. Karena bagi youtube.com creator video tersebut seperti jantungnya . Kalau creator creator tersebut jelek maka bisa jadi youtube.com bangkrut karena mereka mendapatkan 100% full keuntungan dari advertiser (pengiklan) yang kemudian iklannya tersebut tayang disetiap video yang di monetize adsense dan sebagian dibayarkan ke creator creator youtube karena sudah membantu youtube untuk menayangkan advertiser (pengiklan) disetiap video yang mereka buat.

Disemua video yang saya buat saya mengikuti apa yang disarankan oleh youtube ,tujuannya karena youtube sudah melakukan riset seperti apa video yang menarik, video yang memiliki banyak view ,bagaimana menambah subscriber, bagaimana meningkan view ,dll semuanya sudah dijelaskan gamblang sama youtube sendiri.Silahkan simak video dibawah ini “:

Mengenai detail kategori ini anda bisa lihat video dibawah ini :

Disini saya banyak belajar hal tentang video yang menarik dan bermanfaat seperti apa , video yang bisa memililki view banyak dan lain lain. Karena tips diatas diambil dari para pakar yang sudah sukses di youtube duluan dan hal ini saya terapkan semua di setiap video yang saya buat . Jadi dalam pembuatan video di channel youtubeku gak asal asalan tapi berdasarkan panduan atau Kursus Pelatihan Dasar Meraih Sukses di video youtube diatas.

Video Coba Coba Tapi Menghasilkan

Video yang coba coba tapi malah menghasilkan maksudnya adalah ketika membuat video yang berdasarkan hobi dan kesukaan yang memang fokus ke konten *tanpa memikirkan yang namanya monetize adsense karena video dibuat awalnya cuman coba coba dan gak nyangka video coba coba tersebut banyak diminati atau menarik bagi viewer kemudian di monetize adsense yang tadinya gak kepikiran untuk di monetize. kenapa di monetize …? karena disitu ada peluang dan youtube sendiri memberikan program monetize (google adsense ) untuk youtube creator yang suka membuat konten menarik dan bermanfaat buat penggunanya. Harapan dari youtube.com  yaitu agar para creator tersebut tetep konsisten dan terus berkarya di youtube karena hal ini sudah bicara soal bisnis yaitu untung sama untung (youtube untung ) + (anda untung)

Video Gak Fokus Duit dan Tapi Pengen Penghasilan….!

Dari semua yang saya sebutkan macam macam model video diatas dimana masing masing motovlogger memiliki tujuan yang berbeda beda dalam membuat akun channel youtubenya, nah mas bro termasuk yang mana nih , kalau saya sendiri jelas Fokus banyak bagian tapi UUD (ujung ujungnya duit) …?

Mungkin didalam diri  berkata ” kok saya kayaknya gak masuk kategori diatas ya mas bro …? Jadi saya itu seneng sama motor terus rekam ,terus edit ,upload deh tapi saya pengen  akun channel youtubenya penghasilan kyak punya gondes motovlog dan beberapa motovlogger yang lain ..? Kalau mas bro berfikir kayak gitu ya mending ikutin tips have fun aja bro seperti kata motovlogger sebelah. Gak usah ribet2 buat video yang berdasarkan riset dan data tapi have fun .  Kalau misalnya dapat penghasilan syukur, gak dapat ya sudah soalnya fokusnya kan have fun ,..!
Jadi gak harus berfikir gimana uang yang sudah kita investasikan untuk membeli action camera , bensin , dll itu balik lagi , karena kalau kita berfikir gimana solusi uang yang kita keluarkan tersebut balik maka kita akan fokus banyak bagian dan berupaya bagaimana membuat video yang menarik ,video yang bermanfaat video yang memiliki banyak view yang sesuai panduan Kursus Pelatihan Dasar Meraih Sukses di video youtube diatas.

Video dibuat karena disitu ada peluang , karena ada yang menonton makanya video tersebut dibuat , ketika tidak ada yang menonton maka video tersebut tidak mungkin dibuat…

Intinya dari pengalamanku ketika seseorang mengerjakan sesuatu pasti punya tujuan yang berbeda beda

  1. Ada yang hanya fokus duit tanpa memperhatikan isi konten video.
  2. Ada yang fokus kuantitas tanpa memperhatikan kualitas
  3. Ada yang fokus ke banyak bagian tapi UUD (ujung ujungnya duit)
  4. Ada yang fokus ke tujuan masing masing yang kita tidak tahu , karena video dibuat itu berdasarkan tujuan si pembuat channel youtube.
  5. Ada yang karena hobi dan coba2 tapi malah menghasilkan
  6. Karena masing masing  pemilik channel youtube mereka punya tujuan yang berbeda, misi yang berbeda , visi yang berbeda. SO jangan asal Men-judge

Semua hal yang saya tulis diatas bisa saja salah , bisa saja benar semua hanya opini pribadi saya dan pengalaman saya.

Well kali ini saya akan menulis artikel yang kurang lebih isinya bagaimana cara membedakan video yang di monetize iklan adsense dan tidak dimonetize adsense. SO sebenarnya cukup simple.

Caranya yaitu anda perhatikan gambar dibawah ini :

Penjelasan Gambar 1

video-motovlog-monetize-adsenses

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, video diatas adalah salah satu contoh video yang di monetize google adsense. dari mana kita mengetahu dan bagaimana cara melihatnya ..? Caranya anda bisa lihat di video diatas seperti terdapat iklan banner dan juga di durasi video terdapat warna kuning kuning yang ditunjukan pada tanda panah warna merah itu artinya video tersebut di monetize google adsense.

Perjelasan Gambar 2

Sedangkan gambar dibawah ini adalah salah satu contoh video motovlogger yang tidak di monetize adsense karena di bagian durasi video tidak terdapat warna kuning kuning. atau jeda iklan.

video-motovlog-adsense

OK semoga gak capek membaca tulisan saya , selanjutnya kita bahas lagi lebih detail dibawah ini .

Kenapa Contoh video yang pertama di monetize adsense..?

Jawabanya menurut saya pribadi  karena menjadi motovlogger itu butuh uang , uang untuk membeli bensin , membayar internet , melakukan service motor dan kebutuhan lainnya untuk mendukung channel youtube motovlogger lebih bagus lagi dan lebih baik lagi. dll, jadi uang dari adsense itu hanya cukup untuk kebutuhan motor saja. Jika lebih maka itu bonus. Nah alasan yang paling kuat kenapa kita harus memonetize video youtube motovlog bisa dibaca artikel saya dibawah ini :

Tapi jika anda kategori orang kaya yang uangnya gak habis habis maka tidak perlu melakukan monetize akun channel youtube cukup have fun saja. 🙂

Kenapa Contoh Video yang kedua tidak di monetize adsense..?

Ini hanya opini pribadi saya (bisa saja salah , bisa jadi benar) mungkin video motovlogger tersebut tidak butuh duit, alias dalam membuat video motovlog tersebut karena have fun saja ,jadi kalau misalnya SUATU SAAT VIDEO DIATAS DI MONETIZE ADSENSE berarti motovlogger tersebut sama seperti saya yaitu motovlogger yang masuk kategori Video Yang Fokus Ke banyak bagian tapi UUD  atau kategori coba coba tapi menghasilkan atau motovlogger duit duit duit atau apalah namanya yang penting have fun.

Kesimpulan :

Well semua itu menurut saya karena ada peluang didalamnya , seseorang melakukan sesuatu karena ada tujuan yang ingin dicapai , karena ada kemauan yang kuat , karena ada keyakinan bahwa akan menghasilkan , dan hal lainnya.

Di google sendiri khususnya produk youtube karena google mempuyai banyak produk seperti (gmail.com , google play store, blogger.com dll) nah kalau produk youtube yaitu mereka memberikan kebebasan untuk creator youtube dalam membuat video yang bermanfaat dan menarik bagi penggunannya. Nah penghargaan yang diberikan youtube.com untuk para creator youtube yaitu Reward (google adsense) Kenapa bisa dikasih reward karena disitu creator youtube mengumpulkan pengguna youtube baru dan membantu advertising . SO youtube mendapatkan keuntungan dari viewer yang mas bro kumpulkan melalui konten yang dibuat dan advertising sedangkan mas bro mendapatkan keuntungan melalui reward yaitu google adsense.

SO memang yang paling penting itu adalah konten yang menarik dan konten yang bermanfaat , jika mas bro termasuk motovlogger pemula dan ingin memulai menjadi motovlogger please jangan mikir duit duit duit dulu atau melihat penghasilan orang lain atau apalah namanya jadi kalau dapat penghasilan ya syukur dan gak dapat ya have fun saja kata motovlogger sebelah.

Btw disini pemikiran saya agak sedikit berbeda dengan motovlogger sebelah, kalau saya mikirnya ya dari DATA bukan dari have fun 🙂 . Ketika kita melakukan sesuatu saya berfikir yang kita lakukan tersebut nantinya bagaimana bisa kembali jadi seperti investasi jangka panjang gitu maksudnya. Ketika kita sudah menanam dan merawat dengan baik maka suatu saat kita tinggal memetik hasilnya ngertikan maksud saya. Jadi ibaratnya kita membuat channel youtube dan kemudian mengisi konten yang bermanfaat dan berguna bagi viewer yang kemudian di monetize adsense maka akan menghasilkan atau panen.  Contohnya seperti gambar dibawah ini :

penghasilan-adsense-motovlogger

Nah untuk mengisi konten2 video di channel youtube pasti kita akan mengeluarkan modal (uang,tenaga, waktu,ilmu,peralatan , dll ) karena dalam pembuatan konten yang bagus itu tidak mudah lagi lagi harus butuh proses kalau gak mau proses gak usah jadi motovlogger atau ikut-ikutan  jadi motovlogger sebelah aja yang “have fun”  karena tujuan setiap motovlogger beda beda.

Saya tahu betul ketika seseorang mempunyai penghasilan seperti gambar diatas atau misalnya lebih , pasti semua orang ingin berbondong bondong mengikuti jejaknya , ingin meniru , ingin mencoba hal yang sama . ingin belajar dan menjadi motovlogger agar bisa berpenghasilan , tapi perlu di ingat bahwa walaupun kita melakukan hal yang sama pasti hasilnya setiap orang beda beda. 

dan jika ingin seperti diatas maka jangan berfikir untuk instans, karena masak mie aja perlu direbus, baru di masukan ke mangkok alias butuh proses untuk menyantap hingga bisa dimakan. Hal tersebut berlaku juga untuk motovlogger

Untuk mencapai angka seperti gambar diatas saya bukan motovlogger yang fokus  duit duit duit , tapi saya menggunakan DATA ,dimana dengan menggunakan data kita akan jauh lebih mudah untuk mencapai angka tersebut. Saya bukan jodie motovlog hd yang berawal dari coba coba kemudian menghasilkan tapi saya berawal dari DATA dan karena ada PELUANG

Kenapa Data…?

Silahkan baca disini  link berikut ini Data Marketing 101

Dengan memanfaatkan tools yang diberikan google maka kita sudah menggunakan data , dimana data tersebut bisa kita olah untuk kita manfaatkan untuk kepentingan pribadi , perusahaan atau apapun .

Google Trends

Contoh tools dari google trends.

Tools tersebut bisa digunakan untuk melihat trend dan melihat data misalnya untuk melihat yang lagi trending saat ini apa..?

data-google-trends

Gambar diatas adalah screenshoot dari tools yang namanya google trend , ya dengan melihat trending tersebut maka kita bisa membuat video berdasarkan trending tersebut untuk meningkatkan viewer,subscriber, dll

Google Adwords

data-adwords

Gambar diatas adalah salah satu tools dari google yang berfungsi untuk mengetahui jumlah pencarian kata kunci yang di ketik di hasil pencarian mesin pencari. Jadi dengan menggunakan tools tersebut kita bisa membuat video berdasarkan topik yang kita inginkan , nah dengan tools tersebut kita bisa mengetahui apakah topik yang akan kita bahas/angkat di video tersebut ada yang melihat atau tidak. Dengan menggunakan tools diatas kita bisa memprediksi bahwa topik yang kita angkat ternyata ada yang cari , jadi saat membuat video itu tidak sia sia karena ada yang menonton.

Berikut ini adalah beberapa contoh video yang saya buat tidak ASAL ASAL an ,karena saya membuat berdasarkan DATA , kalau kata motovlogger sebelah akun channel youtubeku gak nyambung sama fokus channelnya…? Gak manfaat….! What , lho dapat informasi dari mana bro asal ngomong …!

kata-kunci

Contoh video yang saya buat berdasarkan riset keyword planner, google trend dan hasil riset di  forum.




Semua Video Youtubeku itu berdasarkan hasil riset dan data . tapi ada juga kok gak berdasarkan data karena pengen aja upload video hiburan biar gak bosen viewernya.

So sekarang video siapa yang gak bermanfaat…?

Seperti kata jodie motovlog kalau bisa akun channel youtube motovlog itu dikasihlah satu aja video tutorial motor , biar gak isinya sunmori semua…! atau video review apa gitu biar isinya gak sunmori semua…! atau apalah video yang sekira menarik dan ada value buat yang menonton.

Ya sekali lagi saya bukan jodie motovlog yang memulai motovlog berdasarkan coba coba ,have fun ,  atau siapapun ,karena saya ingin menjadi diri saya sendiri yaitu memulai motovlog karena ada peluang, karena menggunakan data dan yang pasti sesuai dengan hobi.

By the way terima kasih buat mas bro sekalian yang sudah membaca tulisan curhatan saya ini yang panjangnya kurang lebih sekitar 2400 kata lebih, kalau ada kata kata yang kurang berkenan dihati mohon di manfaatkan , kalau ada kata kata yang kasar mohon dimaklumi. Semua tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya selama menjadi blogger dan motovlogger

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here