Review Suka Duka Menjadi Motovlogger Indonesia

Ya hallo mas bro sekalian bagaimana kabarnya hari ini semoga selalu sehat ya , emm sejak pertama kali ingin menjadi motovlogger sampai sekarang ini yang saya mulai dengan membuat channel youtube pada bulan januari 2016 sampai sekarang ini bulan januari 2017  ternyata sudah lumayan cukup lama ya ,udah 1 tahunan bertahan di dunia motovlogger hahaha , gak nyangka aja bisa sampai kesini dan bisa konsisten terus menerus dan mungkin kedepannya saya akan terus upload video yang tentunya menarik,bermanfaat dan berbeda dari yang lain :D.

channel-gondes-motovlog

Screen shoot bulan September 2016

 channel-gondes-motovlog-terbaru

Screenshoot Januari 2017

Selama menjalani yang disebut sebagai motovlogger saya pernah mengalami beberapa kejadian yang enak sampai gak enak  dan beberapa hal yang ingin saya tulis dipostingan kali ini . Akhirnya saya mempunyai tekat yang kuat untuk mendocumentasikan perjalanan saya dalam bentuk tulisan ini

Tulisan perdana yang membahas mengenai seluruh seluk beluk tentang dunia motovlogging yang akan saya bahas detail yang saya beri judul dengan  “review pengalaman selama menjadi motovlogger”. haha , kalau review tentunya tulisan ini akan sangat panjang sekali dan gak tahu berapa minggu selesai , karena saya menulisnya pas lagi mood aja , kalau gak mood mungkin saya draft haha.

Ok kita awali dulu dengan mengucapkan basmalah dan niatkan untuk menuntut ilmu karena menuntut ilmu adalah ibadah ,seperti yang kita ketahui bahwa menuntut ilmu itu adalah ibadah jadi agar apa yang kita lakukan ini tidak sia sia  maka jangan lupa untuk diniatkan ibadah agar tujuan yang kita lakukan agan bernilai ibadah *gimana setuju hihih. , ooiya  bagi yang beragama non muslim silahkan berdo’á berdasarkan keyakinan masing masing.

OK sebagai permulaan saya akan cerita sedikit nih tentang awal mula saya menjadi seorang motovlogger

Yang saya rasakan pertama kali saat menjadi motovlogger dengan menggunakan helm yang ada action camera dan berkendara diatasnya sambil jalan dan membahas topik topik yang hangat atau berdasarkan pengalaman yang pernah dialaminya adalah seperti KURANG PD , MERASA DIRINYA ANEH , dan BINGUNG MAU NGOMONG APA DIJALAN,BAHKAN GAK JADI BIKIN VIDEO MOTOVLOG,ATAU YANG PALING NGESELIN YAITU MEMORI CARD BELUM NANCEP TAPI KITA UDAH PANJANG LEBAR NGOMONG, ATAU BATERAI LUPA DI CAS, TIBA2 ACTION CAMERA ERROR PADAHAL UDAH NGOMONG BUANYAK, SD CARD ERROR PADA GOPRO , BELUM LAGI NGEDIT VIDEO TIBA2 MATI LISTRI LUPA SAVE, DAN SEGUDANG HAMBATAN LAINNYA :v

Ya itulah kurang lebihnya beberapa pengalaman pahit atau manis menjadi seorang motovlogger  * ehh yang manis belum saya sebutkan ya , baca aja disini ya versi manisnya :v Mendapatkan Uang 1,5 Juta Menjadi Youtube Motovlogger Indonesia , bagi mas bro yang sudah mengalami hal yang saya sebutkan seperti diatas mungkin akan ketawa ketiwi , hahahaha. iya iya iya yaa haha

So saya simpulkan bahwa menjadi motovlogger itu susah susah gampang ,emm maksudnya bagaimana sih …?

Sejak pertama kali menjadi motovlogger mungkin mas bro akan mengeluarkan uang lebih banyak dari pada mendapatkan uang , contohnya saja mas bro harus membeli beberapa perlengkapan motovlog seperti :

  1. Membeli Motor
  2. Membeli Helm
  3. Membeli Action Camera
  4. Membeli Mouting
  5. Membeli Mic
  6. Bayar langganan Internet
  7. Beli Gloves
  8. Beli Jaket Riding
  9. Beli Protektor Kaki
  10. Beli Sepatu
  11. dll

Dan perlengkapan diatas kalau di total mungkin sampai jutaan rupiah atau bahwakan puluhan juta haha, emm jadi buat mas bro yang ingin jadi motovlogger silahkan pertimbangkan lagi dan pastikan niatnya kuat agar ketika sudah terjun dalam dunia motovlog mas bro gak berhenti di tengah jalan *tips biar konsiten motovlogging itu menurut saya adalah uang :v kalau mas bro punya banyak uang insya alloh bisa konsisten , tapi kalau gak punya uang cuman sanggup diawal saja maka akan berhenti ditengah jalan ,berhenti ini ada banyak sebab salah satunya mungkin karena untuk pembuatan konten yang bagus itu kebanyakan harus menggunakan uang ,karena gak ada pemasukan , karena gak kuat ,dll

Kita Bahas apa dulu nih ..? Sukanya dulu ya ..

Sukanya menjadi motovloggger

Apa yang saya sharing dibawah ini adalah perjalanan dan pengalaman saya pribadi , no pengalaman orang, real pengalaman pribadi yoii bahasanya keren yak wkwk :v halah mbuh lah , so kita review kebelakang dulu selama 1 tahun saya menjadi motovlogger yang saya rasakan yaitu seneng banget karena punya teman baru , punya jaringan baru ,bisa minjem motor teman , bisa endors produk orang, bisa punya uang tambahan dari google adsense, dll yang akan saya bahas detail dibawah ini :

1.Punya Teman Baru

Sejak menjadi motovlogger diawal tahun 2016 sampai sekarang ini tahun 2017 saya udah punya banyak teman haha , mulai dari kota, solo , semarang , terus Dieng,jogja ,jakarta dan masih banyak lagi . Kalau di kota solo ada lucas gratia, semarang ada dr aka, anubiesmotovlog, dieng ada mas ivw motovlog, jakarta ada den dimas,jodie motovlog hd, kalau jogja ada rakavlog, stif, sg motovlog, saonone motovlog dll yang gak bisa saya sebutkan satu satu disini karena saking banyaknya.

Dengan menjadi motovlogger kita bisa sharing2 pengalaman , ngobrol ngalor ngidul , yang tentunya tujuannya bukan untuk hal hal negatif tapi untuk kedepannya agar lebih baik lagi , Yoii hahaha :v

Menjadi motovlogger itu kita akan punya banyak teman, bisa mengenali karakter teman yang lain sehingga kita bisa bergabung atau bergaul dengan orang baru. Menurut saya pribadi cara bergaul yang nyaman ketika mas bro memiliki sifat pendiam (introvert) itu gampang banget , mas bro cukup traktir saja teman2nya makan maka teman teman baru mas bro akan lebih suka sama mas bro. Tips ini saya dapatkan dari ceramah ustad di channel yufid.tv tentang cara bergaul dengan teman baru bagi orang yang pemalu *kalau gak salah judulnya gitu , lupa hahaha :v

2. Punya Jaringan Baru

Ketika saya menjadi motovlogger saya jadi kenal orang orang yamaha , orang2 honda,orang orang suzuki dll, well jaringan kita bertambah , jadi kedepannya nanti bisa saling menguntungkan , kita bisa bekerja sama dengan mereka, atau mereka bekerja sama dengan kita ,kurang lebih seperti itu haha ,so yang penting adalah untung sama – sama untung.

3. Bisa Minjem Motor Gratis

Menjadi motovlogger itu yang paling asyik adalah nyobain motor teman, hahaha bagaimana gak asyik bro , misalnya kita punya teman, dia punya motor r6, atau ninja, atau R25 atau motor apapun deh , sedangkan kita mempunyai impian ingin membeli motor tersebut , contohnya saja saya ingin sekali memiliki motor yamaha r25 dengan menjadi motovlogger gak nyangka aja saya bisa naik tuh motor yamaha r25 , rasanya itu syahdu banget seneng minta ampun haha  namanya juga motor impian kyak gimana gitu rasanya kalau bisa naik , gak nyangka aja alloh ngabulin permintaanku yaitu naikin motor yamaha r25 walaupun belum bisa memiliki insya alloh kalau niat ,tekad dan bekerja keras semoga bisa beli motor yamaha r25 aamin haha.

4. Punya Penghasilan Tambahan

Sebenarnya di internet banyak sekali artikel yang membahas mengenai cara menghasilkan uang di internet, mulai dari freelance, ngeblog, desain , bikin video di youtube,dll nah menjadi motovlogger ini kan salah satu cabang dari dunia per youtube an yang tentunya bisa menghasilkan uang asalkan channel youtubenya sudah di daftarkan yang namanya program google adsense, nah jika sudah terhubung maka channel mas bro akan mengeluarkan pundi pundi dollar dan akan merasakan hasilnya jika viewer channel mas bro sudah banyak. Penghasilanya tentunya tak sebanding dengan modal atau uang yang kita keluarkan untuk membuat konten di youtube tapi untuk jangka panjang mungkin bagus , ntahh saya sendiri juga bingung apakah bisa bertahan di dunia motovlogger atau tidak hahaha. Soalnya di youtube juga bukan kerjaan utama saya cuman sambilan alias ngilangi bosen . Tapi kalau misalnya mendapatkan uang ya alhamdulilah , enggak ya gpp … SO just do it saya dengan hobbinya haha .

5. Di Traktir Teman Makan

Kapan itu saya pernah makan di MC donald  sama motovlogger jogja kemudian saya pesen tuh makanan ,yaitu ayam,nasi + minumnya, ehh gak tahunya saya dibayarin sama temanku tadi haha. *sebut saja mas siwi :v ,makasih banyak buat mas siwi kalau misalnya baca artikel saya ini haha. kalau misal gak baca ya udah kapan2 saya ajak makan lagi :v .

Ya saya ditraktir makan ini soalnya dulu pernah traktir dia makan juga waktu menang lomba vlog dapat uang 750.000 ,nah uang tersebut langsung buat makan2 di MC donald Jogja dekat jembatan layang jogja. Ya intinya jika kita baik pasti akan di balas kebaikan begitu juga sebaliknya.

6. Apa lagi ya emm :v

OK point point diatas adalah yang saya rasakan sukanya menjadi motovlogger selama 1 tahun ini , nah bagaimana dengan dukanya menjadi motovlogger…? yuk simak terus tulisan saya dibawah ini :

Dukanya Menjadi Motovlogger

Ngomongin duka atau gak enaknya menjadi motovlogger sebenarnya ada beberapa point juga , diantaranya ,crash waktu naik motor, bikin konten harus modal , dunia motovlogger menghabiskan uang , kalau gak bales comment di benci , dijelek2 in dll , Ok yuk kita bahas lebih detail lagi dibawah ini :

1. Kejadian di jalan gak ada tahu

ketika kita berkendara di jalan umum atau jalan aspal kemudian melakukan kegiatan motovlogging kita tidak akan pernah tahu kejadian apa yang akan menimpa kita dijalan , saya sendiri waktu itu pernah mengalami yang namanya crash dijalan ,kejadian karena mobilnya nerobos lampu merah akhirnya mobil tersebut tak tabrak karena kecepatan motor saya lumayan cukup kenceng mungkin sekitar 70 kpj.  Kejadian di perempetan jalan yang lumayan cukup lebar dan besar,lampu sudah hijau kemudian langsung saja geber ,setelah sampai ditengah2 kecepatn sekitar 60 an keatas tiba tiba dari kiri mobil nerobos lampu merah.

Semenjak kejadian tersebut saya menyadari begitu pentingnya menggunakan safety gear yang lengkap, mulai dari celana panjang (lepis) , gloves, sepatu , jaket dan helm. Setidaknya bisa mengurangi hal hal yang tidak di inginkan misalnya lecet, dll tapi jangan sampai , amit2.. dan jangan lupa juga sebelum berkendara mas bro harus berdo’a dulu sama alloh agar saat dijalan mas bro selalu dilindungi sama alloh subhanawata’ala.

2. Harus Modal

Dukanya menjadi motovlogger itu kita harus banyak mengeluarkan modal , baik itu untuk membeli peralatan safety gear atau membeli perlengkapan motovlog gear. misalnya kalau safety gear seperti , helm , jaket, gloves, sepatu , celana panjang sedangkan untuk motovlog gear seperti (kamera gopro , mic, sena (intercom), dan aksesoris pendukung untuk pembuatan video di channel youtube lainnya.

Peralatan tersebut hukumnya sudah wajib untuk dimiliki bagi seorang motovlogger dan mau gak mau mas bro harus membelinya, kalau misal gak sanggup mending gak usah menjadi motovlogger dari pada nanti cuman capek gak gak ada hasilnya maksudnya gak ada viewenya atau subscribenya gak nambah2 atau apalah :v tapi setiap orang punya opini yang berbeda karena manusia itu unik contoh misalnya.

Ada motovlogger yang memang fokus cuman upload2 aja tanpa harus memikirkan bagus atau gak videonya, ada motovlogger yang memperhatikan betul konten video yang dibuatnya agar lebih menarik dan gak bosenin,ada juga motovlogger yang fokus pada viewer sehingga membuat konten yang bermanfaat buat viewer , dll.

Khusus yang sudah kerja atau menghasilkan uang sendiri ya tidak masalah mau menjadi motovlogger monggo atau gak juga ya monggo yang penting uang untuk kebutuhan sehari hari mas bro tidak terganggu dengan menjadi seorang motovlogger, karena dunia motovlogger itu kejam :v

Tapi kalau masih minta sama orang tua please kasian orang tuanya mending itu uang ditabung buat kuliah,atau kursus sehingga wawasan mas bro bertambah dan tentunya masa depan mas bro akan jauh lebih cerah. Tapi kalau untuk happy2 aja ya monggo sih seterah mas bro saya cuman sharing pengalaman saja , jangan dimarahin yak..

3. Dunia Motovlogger Menghabiskan Uang

Emm menurut saya sih memang iya dunia motovlogger itu hanya menghabiskan uang hehe khususnya buat yang tidak tahu goal (tujuan ) membuat channel youtubenya. Kalau mas bro punya tujuan membuat channel youtube tersebut tentunya uang yang mas bro keluarkan tersbut akan kembali kok , baik dalam jangka panjang atau dalam jangka pendek, maksudnya gimana….?

Misalnya gini ,ketika mas bro fokus upload konten yang bermanfaat buat viewer dan channel mas bro dan channel mas bro terus berkembang misalnya misalnya viewernya mengalami kenaikan terus hingga jutaaan viewer atau subsrcibenya sudah mencapai raturan ribu subscribe itu akan jauh lebih mudah untuk di monetize (diuangkan ) misalnya dari endorse, atau jual produk sendiri , atau di monetize google adsense , coba deh baca artikel saya sebelumnya dibwah ini :

Dengan menggunakan 5 sumber menghasilkan uang dari youtube tersebut insya alloh uang yang mas bro keluarkan tadi itu akan balik kok, insya alloh asalkan konten channel youtube mas bro menarik, bermanfaat buat viewer dan menghibur.

Saya sendiri gak tahu tuh habis brapa juta untuk membuat konten di channel youtube haha intinya dalam pembuatan konten saya selalu menggunakan uang untuk modal , tapi kalau mas bro lebih kreatif mungkin tidak harus menggunakan uang untuk bikin konten yang menarik. contoh misalnya seperti Riski Motovlog (channel youtube kocak dari lampung ) hahaha. Dia modalnya cuman berani ngomong godaain mbak2 dijalan dan ini adalah salah satu motovlogger yang urat malunya udah putus , saya sendiri sampai terpesona melihat aksinya dia haha.

4. Kalau Gak Bales Comment dan pesan dibilang sombong

Ya menurutku orang yang belum sempat bales komen mas bro baik itu di instagram, youtube, facebook atau apalah mungkin dia lagi ada kesibukan yang kita tidak tahu kesibukannya apa, begitu juga dengan pesan ketika mas bro menanyakan sesuatu baik itu  di facebook , instagram atau sosial media apapun ,sudah dibaca tapi blm di bales mungkin motovlogger tersebut saking lagi sibuknya kemudian lupa mau bales gitu haha.

Yang jelas bukan gak mau bales komen mas bro di youtube atau instagram tapi semua komentar  di instagram dan youtube semuanya tak baca dari atas sampai bawah. ya tadi karena masih ada kerjaan yang memang penting akhirnya belum sempat bales, insya alloh saya usahakan semua komentar mas bro saya akan balesin satu satu.

Kadang saya itu sampai bingung haha waktu 24 jam itu seperti agak kurang dalam ngerjain kegiatan sehari hari , baik untuk kerja, kuliah, tidur, makan , minum ,dan untuk melakukan aktiftas motovlogging .. haha tapi ya semua itu harus dijalani balance agar kehidupan kita sehat selalu Aamin. Jangan lupa juga dengan hak2 alloh yaitu beribadah tepatnya sih mengjalankan sholat 5 waktu bagi yang muslim bagi yang beragama lain yang jalani sesuai yang diajarkan. Intinya di point ini mas bro harus bisa mengatur waktu agar kegiatan mas bro itu gak terganggu , so jalani saja ,nikmati prosesnya dan hasilnya serahkan saja sama yang diatas. ^_^

Ya kurang lebih ada 4 hal gak enaknya jadi motovlogger yang saya alami , so kalau mas bro mau menambahkan silahkan komen komen dibawah ini .

Demikian informasi yang membahas mengenai Review Selama Menjadi Motovlogger Indonesia Suka dan Dukanya..! semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini , jangan lupa like, comment dan share agar lebih bermanfaat buat orang lain dan disekitarmu.

Review Suka Duka Menjadi Motovlogger Indonesia | gondes | 4.5